Connect with us

Dispora Gelar KMD F1 Kecamatan Pamulang Tahun 2024

Info Tangsel

Dispora Gelar KMD F1 Kecamatan Pamulang Tahun 2024

Dalam rangka mewujudkan Sumber Daya Manusia Unggul sesuai dengan Visi Pemerintahan Kota Tangerang Selatan Dinas Kepemudaan Dan Olahraga (Dispora) melalui Bidang Kepramukaan menggelar Pelatihan Kursus Mahir Dasar (KMD) 2024 Kwarran Pamulang mulai tanggal 22-28 April 2024.

Adapun ceremony pembukaan KMD tersebut, dihadiri oleh Sekretaris Dispora, Nasrul Fuad, Ketua Harian Kwartir Cabang Tangerang Selatan, Sapta Mulyana, Kepala Bidang Kepramukaan, Ilham Suyatno, dan Ketua Kwartir Ranting (Kwaran) Kecamatan Pamulang Kak Suhadi.

Mewakili Kepala Dispora, Sekdis Nasrul Fuad menjelaskan bahwa Pendidikan dan Pelatihan Kursus Mahir Dasar (KMD) ini digelar dalam rangka meningkatkan kualitas SDM dan juga meningkatkan dan meregenerasi pembina-pembina baru khususnya di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) khususnya di Wilayah kerja Kwarran Pamulang.

Sesuai arahan Pak Walikota selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Tangerang Selatan dalam setiap pertemuan kepramukaan, “Dengan masih minimnya pembina bagi Siaga, Penggalang, dan Penegak serta Pandega di Kota Tangerang Selatan, maka untuk memenuhi kebutuhan tersebut kami dari Dinas Pemuda Dan Olahraga berupaya meningkatan kualitas dan kuantitas pembina Pramuka dengan menggelar pelatihan KMD di tingkat Kecamatan Pamulang,” ujar Sekdis Dispora saat menyampaikan Laporan kegiatan di Gedung 3 lantai 3A Puspemkot, Senin (22/04/24).

Selain daripada itu, Kepala Bidang Kepramukaan, Ilham menjelaskan Diklat KMD ini menggunakan APBD hasil Musrenbang kecamatan Pamulang tahun 2023 dan tentunya peserta yang mengikuti pelatihan KMD tidak dipungut biaya.

“Perlu diketahui bahwa setiap pelatihan KMD yang digelar secara mandiri tentunya peserta harus membayar kurang lebih 2,5 juta per Peserta, maka karena pembiayaannya melalui APBD peserta yang mengikuti pelatihan KMD kali ini tidak dipungut biaya,” kata Ilham.

Setelah Pelatihan selesai semua peserta akan mendapatkan Ijazah yang resmi yang gunanya bisa untuk membina digugusdepan sebagai pembantu pembina di setiap basis Sekolah yang ada Di Kota Tangerang Selatan.

Harapannya Kwartir Cabang Tangerang Selatan, melalui Ketua Harian, Sapta Mulyana berharap dengan digelarnya pelatihan KMD ini yang menjadi dasar adalah niatan untuk tetap menjaga, menumbuh kembangkan, serta meregenerasi Pramuka yang ada di Kota Tangerang Selatan.

“Yang menjadi dasar dari pelatihan KMD ini adalah Niat yang tulus, tanpa ada paksaan manapun, atau mumpang-mumpung karena gratis. Harus didasarkan untuk meningkatkan serta mengembangkan Pramuka di Kota Tangerang Selatan, karena SDM kita sebagai Pembina yg berijazah di Tangerang Selatan sangat lah sedikit, maka harus di kembangkan melalui KMD setelah ikut KMD wajib mengikuti Kursus Mahir Lanjutan (KML),” ujar Sapta Mulyana.

Adapun peserta yang mengikuti pelatihan KMD tingkat Kwartir Ranting (Kwaran) Kecamatan Pamulang banyak diikuti oleh Guru-guru sekolah, bahkan Kepala Sekolah juga ikut dalam pelatihan KMD 2024 yang digelar oleh Dinas Pemuda Dan Olahraga melalui Bidang Kepramukaan. (ADV)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top