Connect with us

Kementerian Kominfo Bangun Tenda Mudik Ceria dan Penuh Makna di Terminal Pelabuhan Merak

BANTEN OKE

Kementerian Kominfo Bangun Tenda Mudik Ceria dan Penuh Makna di Terminal Pelabuhan Merak

Hari Raya Idul Fitri sebentar lagi, arus mudik telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan inisiatif Tenda Mudik di Terminal Pelabuhan Merak.

Tenda Mudik ini bertujuan untuk memberikan informasi dan dukungan kepada para pemudik yang akan melakukan perjalanan menuju kampung halaman, dengan tema “Mudik Ceria Penuh Makna”. Langkah ini sejalan dengan semangat pemerintah untuk menciptakan pengalaman mudik yang lebih aman, nyaman, dan bermakna bagi seluruh masyarakat.

Direktur Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kementerian Kominfo, Bambang Dwi Anggono, S.Sos,.M.Eng dalam hal ini diwakili oleh Wiaji,C.SE.,MM, Pranata Humas Ahli Muda, yang akrab dipanggil Aji, menyampaikan tema tenda mudik Ceria dan Penuh Makna sesuai dengan slogan pemerintah untuk mudik tahun 2024.

“Kami informasikan juga bahwa menyediakan informasi seputar mudik lebaran melalui buku elektronik mudikpedia di tautan https://s.id/mudikpedia,” kata Aji, 8 April 2024.

Dengan estimasi arus mudik tahun 2024 mencapai 193 juta orang menurut data dari Kementerian Perhubungan, Tenda Mudik di Terminal Pelabuhan Merak menawarkan berbagai fasilitas dan kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan kenyamanan dan keceriaan pemudik.

“Kita sediakan fasilitas seperti adanya kursi pijat gratis, pembagian healthy kit, kaos, hiburan musik, serta takjil gratis,” kata Aji.

PT ASDP Indonesia Ferry sebagai BUMN pengelola penyeberangan pelabuhan merak pun telah menyiapkan sejumlah mitigasi.

Mengacu posko merak 24 jam, total penumpang dari Jawa ke Sumatera dari H-7 hingga H-5 lebaran tercatat sebanyak 212.589 orang atau turun 5% dibanding realisasi periode tahun 2023 sebanyak 222.624, total kendaraan tercatat 46.250 unit atau turun 0.2% dibanding realisasi periode tahun lalu 46.349 unit kendaraan roda dua maupun roda empat.

Kementerian Kominfo mengundang semua pemudik dan masyarakat umum untuk mengunjungi Tenda Mudik di Terminal Pelabuhan Merak dan merasakan pengalaman mudik yang ceria dan bermakna.

“Berkat kerjasama antara pemerintah, swasta, dan masyarakat, diharapkan arus mudik tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan aman bagi semua,” kata Aji. (Red).

 

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top