Connect with us

Rawan Pencurian, Ketua RT Serua Bikin Sayembara Lewat Spanduk Tangkap Maling

Info Tangsel

Rawan Pencurian, Ketua RT Serua Bikin Sayembara Lewat Spanduk Tangkap Maling

Diduga bosan terima laporan masyarakat tentang pencurian, ketua rukun tetangga (RT) 03, Serua, Ciputat, Kota Tangerang Selatan pasang spanduk sayembara tangkap pelaku pencurian (Maling).

Di spanduk sayembara yang terpampang di tembok wilayah RW setempat bahkan memaparkan nominal jutaan rupiah bagi yang berhasil menangkap pelaku pencurian di wilayahnya.

Saat di konfirmasi wartawan terkait waktu pemasangan spanduk sayembara, Andre, ketua rukun tetangga 03 mengatakan, sejak pemasangan spanduk tersebut aksi pencurian di wilayahnya cenderung berkurang.

“Itu saya pasang sudah lama. Yah, lebaran tahun kemarin bang. Benar kalau wilayah ini sering disatroni pencuri. Modusnya itu antar paket ojek online (Ojol). Dulu sering kemalingan sebelum adanya pos,” terang Andre di kediamannya, jalan Wijaya Maruga, Serua, Tangsel. (6/12/2023)

Di katakannya, dirinya serius akan memberikan reward kepada siapa saja yang berhasil menangkap pelaku pencurian di wilayahnya. Menurutnya, pencuri yang menyatroni wilayahnya mengincar barang berharga elektronik.

“Jadi terakhir itu modusnya antar paket. Karena pemilik rumah tak menanggapi, maka maling itu berani masuk dan berhasil ngambil HP milik warga. Itu terekam di CCTV. Pokoknya apa aja yang ada di rumah itu di ambil. Saya serius berikan hadiah,” jelasnya

Saat di tanya maksud pemasangan spanduk sayembara, Andre menjelaskan, hal tersebut dilakukan lantaran memancing kepedulian warga untuk menjaga lingkungan.

Tadinya warga ngga peduli ada kendaraan mondar mandir. Tapi sekarang udah mulai berani menanyakan maksud dan tujuan dari tamu yang dateng. Sekarang bocah pada semangat jaga lingkungan karena ada hadiahnya,” kata Andre

Minimnya pengawasan di wilayah tersebut pada waktu siang hari membuat wilayahnya terbuka bagi siapapun. Apalagi, menurutnya siang hari tidak ada security yang berjaga.

“Kan siang ngga ada yang jaga. Kalo malem mah ada security. Selain adanya waktu siskamling, itupun hanya pada waktu hari jumat, sabtu, minggu,” tuturnya

Ketika di singgung wartawan yang menduga menghalalkan aksi main hakim sendiri, Andre menyebutkan, informasi yang di pampang di spanduk tidak bermaksud untuk serius. Namun, hanya untuk membuat peringatan kepada pencuri agar mengurungkan niat jahatnya di wilayahnya. (Adt)

To Top